eskalisa.sch.id
Main Menu
HOME
SIAKAD ONLINE
PROFIL SEKOLAH
GURU & KARYAWAN
FASILITAS SEKOLAH
EVENT & ACARA
PRESTASI SEKOLAH
PRESTASI SISWA
SISWA BERPRESTASI
BERITA & ARTIKEL
EKSTRAKURIKULER
GALERY PHOTO
PENGUMUMAN
CONTACT US
SEARCH
DOWNLOAD
LINK KELUAR
BUKU TAMU
Fanspage FB
Latest Comment
Pramuka
wowww , hebat smiley (y)
Studi Tour Kelas 5 Tahun 2012
nggak jadi ke Lanud Abduracham Saleh huhuhu :"(
Pramuka
asik2, kapan lagie acara latgap Galang
Studi Tour Kelas 5 Tahun 2012
hmmm...smiley
Google Adsense

HOME arrow BERITA & ARTIKEL arrow IPTEK arrow KURANGNYA KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN ICT
KURANGNYA KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN ICT PDF Cetak E-mail
Tuesday, 16 November 2010
KURANGNYA KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN ICT
Oleh: Rudi Hartono, S.Pd.I

          Sistem information and communication technology (ICT) sudah bukan merupakan barang baru lagi, di kalangan anak-anak media internet sudah cukup familier. Hal ini terbukti dari banyaknya peserta didik baik itu tingkat SD, SMP, maupun SMA yang memiliki e-mail, friendster, facebook, twiter, dan juga blog. Dan kita tahu bahwa saat ini hampir setiap siswa dapat mengakses fasilitas internet dengan mudah baik di lingkungan sekolah atau di luar sekolah. Akan tetapi, jika kemampuan siswa dalam menguasai aplikasi internet ini tidak dibarengi dengan tingginya kemampuan guru dalam menggunakan internet. Padahal, kita tahu bahwa penguasaan internet itu sangat menunjang kegiatan pembelajaran  di masing-masing sekolah (E-Learning).


           Rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan ICT ini terlihat dari sangat seditkitnya guru yang bisa mengoperasikan komputer, sedikitnya guru yang bisa internet termasuk yang memiliki e-mail, facebook, blog, dan lain-lain. Jangankan mengoperasikan komputer atau menggunakan aplikasi internet. Saat ini masih banyak guru yang memiliki HP yang cukup canggig dan banyak fitur-fiturnya akan tetapi hanya masih bisa SMS dan menerima telephon saja.


          Rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan ICT ini diakibatkan oleh kurangnya kemauan guru itu sendiri untuk belajar dan juga karena kurang atau bahkan tidak adanya fasilitas internet di sekolah, atau juga karena faktor usia. Selain itu juga disebabkan masih mahalnya tarif internet di Indonesia.


             Penggunaan sistem information and communication technology (ICT) baik itu berupa internet, software sistem administrasi pendidikan, notebook dan LCD projector dalam dunia pendidikan untuk saat ini sudah mrupakan suatu kebutuhan yang tak dapat ditunda-tunda lagi jika dunia pendidikan ingin mencetak generas yang handal dan memiliki daya saing global. Oleh karena itu guru di era digital sekarang ini sangat dituntut untuk menguasai ICT.


           ICT selain memiliki banyak hal yang fositif tentunya juga memiliki dampak yang negatif, tetapi dampak negatif dari ICT ini dapat kita cegah dengan meningkatkan pemahaman nilai-nilai keagamaan dan juga peran guru, orang tua dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk menghilangkan atau meminimalkan hal-hal yang tidak kita harapkan tentunya
Comments (0)Add Comment

Write comment

busy
Pemutakhiran Terakhir ( Thursday, 25 November 2010 )
 
< Sebelumnya
Pengunjung

free counters
Statistik
Flash Dynamic Calendar
Shout

Like Facebook

Adsense Indonesia